Pages

Minggu, 01 Maret 2015

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS "BISNIS ONLINE"




KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS 
BISNIS ONLINE



                                         




NAMA : AFRIZAL IHWAN M 

NIM : 14.02.8877 

KELAS : 14.D3MI.04 



ABSTRAK


Karya ilmiah ini berjudul ”Bisnis Online” dimana kini penjualan banyak dilakukan melalui jaringan internet yang dengan mudahnya dapat dilakukan. Tujuan karya ilmiah ini memberikan gambaran tentang bagaimana berbisnis melalui internet yang kini marak digunakan khususnya para pemula yang memiliki jaringan terhubung dengan internet. Berawal dari kini jaringan yang sudah meluas, alangkah mudahnya kina memperkenalkan usaha melalui internet yang dapat menguntungkan kita sebagai pemula usaha. Usaha yang dilakukan bisa diiklankan melalui internet dengan sangat mudah.


Bisnis berarti suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.


Kini seiring dengan perkembangan zaman dan juga perkembangan teknologi informasi, semua hal bisa dilakukan dengan mudah. Termasuk juga dalam hal jual - beli barang. Kita tidak perlu lagi repot repot untuk berpergian, atau pun membuka usaha dengan menyewa suatu tempat. Bisnis online menjadi solusi nya. Sudah mulai banyaknya masyarakat Indonesia dalam mengakses internet semakin membuat suburnya bisnis - bisnis online saat ini. Berikut ini adalah kelebihan dan juga kekurangan dalam bisnis online.Seiring dengan perkembangan zaman dan juga perkembangan teknologi informasi, semua hal bisa dilakukan dengan mudah. Termasuk juga dalam hal jual - beli barang. Kita tidak perlu lagi repot repot untuk berpergian, atau pun membuka usaha dengan menyewa suatu tempat. Bisnis online menjadi solusi nya. Sudah mulai banyaknya masyarakat Indonesia dalam mengakses internet semakin membuat suburnya bisnis - bisnis online saat ini.

Penjualan diantaranya banyak yang menggunakan fasilitas Facebook yang kini banyak orang menggunakan fasilitas tersebut. Tau juga bisa dengan menggunkan blooger.

Berikut ini adalah kelebihan dan juga kekurangan dalam bisnis online yang menjadi daya tarik para pencari usaha :

Kelebihan :

1. Tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Dalam menjalankan bisnis online, modal bukanlah hal utama bagi para pengusaha. Karena banyak peluang yang dapat dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali, modal utama yang seharusnya dimiliki adalah fasilitas komputer dan adanya jaringan internet

2. Menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan toko offline. Keuntungan yang kedua dari bisnis online adalah, luasnya jangkauan pasar. Karena dengan jaringan internet, dapat membantu pemasaran bisnis yang Anda jalankan hingga mencakup semua daerah bahkan sampai ke lain negara. Yang dibutuhkan hanya optimalisasi penggunaan SEO, agar bisnis Anda mudah ditemukan konsumen

3. Biaya operasional yang cenderung lebih murah dibandingkan bisnis offline. Bisnis online dapat dikerjakan dari rumah, dan tidak terlalu membutuhkan biaya operasional yang terlalu tinggi layaknya bisnis offline

4. Memberikan keuntungan baik materi maupun non materi. Keuntungan materi yang diperoleh dari bisnis online tidak kalah besar dibandingkan bisnis offline, karena biaya operasional bisnis online yang cenderung masih rendah. Selain itu keuntungan non materi dengan bertambah luasnya jaringan, juga sangat membantu perkembangan bisnis online yang dijalankan

5. Waktu kerja bisnis online yang tidak terbatas, bahkan nonstop 24 jam. Karena dalam menjalankan bisnis online yang bekerja adalah sistem, sehingga tugas kita sebagai pemilik usaha hanya memberikan follow up atas permintaan yang telah diterima sistem

6. Mudahnya pelayanan yang diberikan kepada para konsumen, dengan fasilitas online yang mendukung. Misalnya untuk pembayaran dapat dilakukan dengan mencantumkan nomor rekening perusahaan Anda, sehingga hasil omset penjualan dapat langsung Anda terima.

Jika Anda mencari bisnis yang murah, mudah, dan berpeluang besar, bisnis online dapat menjadi salah satu bisnis yang dapat Anda pilih. Semoga dengan informasi tersebut, dapat memberikan semangat baru bagi Anda untuk mencoba peluang bisnis online. Salam sukses.

Sedangkan Kelemahannya :

1. Pembayaran

Bagi para orang awam, masalah pembayaran menjadi sesuatu yang membingungkan dan cukup menyulitkan. Belum lagi ketakutan bila pembayaran tidak terkirim maupun barang tidak diterma. Karena bisnis online kebanyakan tidak memperketemukan kedua belah pihak dalam proses transaksi jual - beli barang. Dituntut kejujuran yang tinggi dalam proses bisnis online.

2. Barang tidak sesui keinginan kita.

Karena barangyang kita lihat hanya melalui layar, kebanyakan pada saat menerima barang tidak sesuai dengan yang aslinya. Contoh dalam hal pakaian, pada bisnis online kita tidak bsa merasakan bahan pakaian dan juga kadang ukuran pakaian tidak sesuai dengan tubuh kita.

Hal - hal diatas merupakan sebagian dari kelebihan & kelemahan bisnis online. Sekarang kita tinggal memilih, apakah ingin menjalankan usaha secara online maupun offline.




REFERENSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar